Bisnis online Ekonomi PELATIHAN NASIONAL

ASQUA Gelar Program Pelatihan Instruktur Online

JAKARTA, JOURNALPENDIDIKAN.COM.

Ekonomi digital dinilai menjadi penopang perekonomian Indonesia selama masa pandemi Covid-19.  Berdasarkan data BPS, sektor infokom mencatat pertumbuhan tertinggi pada kuartal II 2020.  Pertumbuhan sektor infokom 10,88% pada kuartal II 2020 disinyalir karena selama pandemi masyarakat menggantungkan kehidupannya pada ekonomi digital. Bahkan bisnis daring Fast Moving Consumer Goods (FMCG) dan aktivitas transaksi digital diprediksi akan meningkat 400% selama tahun 2020. Untuk itu perlu adanya pelatihan ekonomi digital secara masif kepada para trainer, dan masyarakat luas.

Afiliasi Seluruh Tenaga Teknik Infrastuktur (ASTTI) dan PT Quantum HRM Internasional meluncurkan program Pelatihan Instruktur Online pada hari Sabtu, 21 November 2020.  Program-progam ini disebut bertujuan untuk mengasah keterampilan para trainer digital dan memperkenalkan kepada masyarakat Indonesia platform digital, pusat training digital menarik bernama Asqua.  Asqua sendiri merupakan Lembaga pelatihan digital, yang merupakan hasil kolaborasi antara ASTTI dengan PT. Quantum HRM Internasional.  Pelatihan ini dibuka oleh Ketua Umum DPP ASTTI H. Deddy Adhiyaksa dan Dewan Pertimbangan DPP ASTTI sekaligus Direktur Utama PT. Quantum HRM International Prof Dr. Ir. Pribadiono, MS.  Sebagai  instruktur pada pelatihan ini adalah Prof. Dr. Ir. Pribadiono, MS  dan  Arfian D. Septiandri, ST, Direktur Utama Sekolah Digital Indonesia, ahli Aplikasi Digital dan Animasi.

“Pelatihan ini ditujukan untuk meningkatkan skill para trainer ASTTI  yang tergabung dalam LP2K terutama selama masa pandemi ini harus disesuaikan dengan cara webinar.  Alhamdulillah di masa pendemi ini semua karyawan ASTTI masih terus aktif bekerja dengan lancar, dengan menyesuaikan dengan protokol Kesehatan ” jelas Ketua Umum DPP ASTTI,  H. Deddy Adhiyaksa dalam sambutan pembukaan pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Pusat PT Quantum HRM Internasional, di Jl. Sultan Iskandar Muda, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

“Melalui pelatihan ini, Asqua akan menjadi platform digital terdepan dalam hal penyediaan training digital yang praktis, menarik dan terjangkau oleh berbagai kalangan baik siswa SMK, perguruan tinggi dan masyarakat.  Asqua berupaya untuk membantu masyarakat beradaptasi dengan new normal, era di mana proses digitalisasi di berbagai lini akan berjalan semakin cepat,” papar Prof. Pribadiono. Saat ini beliau dikenal pakar dalam bidang organisasi dan Sumber Daya Manusia (SDM). Beliau ahli dalam manajemen SDM, penyusunan standar dan kamus kompetensi, ahli Assessment Center dan Pengembangan Budaya Organisasi serta Assessor Senior. Aktif mengajar di berbagai perguruan tinggi dan banyak memberikan seminar dalam berbagai tema.

Tema yang dipelajari selama pelatihan ini mencakup Kompetensi TOT KAN, Pelatihan Pengenalan SNI/IEC/ISO 17024 Personal Certification, Desain Multimedia, Teknik Penyusunan Modul, Aplikasi Powtoon dan lain lain.   Setelah melaksanakan pelatihan, maka peserta diwajibkan untuk membuat modul pelatihan multimedia sendiri sesuai dengan bidang masing masing, dan langsung mengupload modul tersebut ke platform digital www.asqua.id.   Pelatihan ini diikuti oleh 13 peserta dan bertujuan  meningkatkan kompetensi para trainer dalam mengembangkan pelatihan dan pembuatan modul digital yang menarik, handal dan terjangkau bagi masyarakat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *