PELATIHAN NASIONAL

MENGEMBANGKAN DIRI DALAM BERPIKIR POSITIF

MENGEMBANGKAN DIRI DALAM BERPIKIR POSITIF

Oleh : Sofia Nurkemala, M.Psi.

Dalam artikel sebelumnya mengenai upaya meningkatkan psychological well-being atau kesejahteraan psikologis; salah satu caranya adalah untuk dapat melatih berpikir positif. Berpikir positif bagi sebagian orang tidaklah sulit; namun bagi sebagian lain justru sebaliknya; dan biasanya jika seseorang sudah mulai terpaku pada pikiran-pikiran negatif, perlu ekstra usaha untuk merubahnya. Kemampuan berpikir positif seringkali perlu dilatih. Adakalanya lingkungan juga cukup besar peranannya dalam membentuk pola pikir negatif (ataupun positif); baik dalam pergaulan ataupun dalam keluarga sekalipun. Lingkungan yang toxic atau tidak sehat; dengan secara terus menerus kita berada dalam situasi yang diperlihatkan dan diperdengarkan hal-hal ataupun perilaku yang negatif; kita pun dapat terbawa membawa model perilaku negatif, termasuk juga dalam pola pikirnya. Oleh karena itu, di samping kita perlu  memilah lingkungan yang baik, sejak dini pun kita perlu dibiasakan untuk dapat berpikir positif agar kehidupan yang kita jalani bisa lebih ringan, dan lebih bahagia.

Berikut beberapa gambaran untuk mengembangkan hal-hal positif dalam kehidupan anda sehingga membantu meningkatkan kesejahteraan psikologis anda (Amy Morin. Your emotional health is key to a happy life, 2020) :

  • Mengingat kembali kejadian positif yang terjadi dalam kehidupan anda. Munculkan kembali ingatan-ingatan mengenai peristiwa atau pengalaman yang membahagiakan ataupun menyenangkan di masa lalu. Pergi piknik bersama keluarga 10 tahun yang lalu, bisa beli motor dari hasil keringat sendiri, pergi umroh bersama orangtua, melihat anak di wisuda, menikahkan anak, mendapatkan kepercayaan dari suatu jabatan tertentu, kumpul bersama keluarga, makan berdua dengan pasangan, dsb. Dengan mengingat kembali pengalaman yang menyenangkan dapat membawa pada pola pikir yang lebih positif. Mengenali hal-hal baik yang sudah dialami juga dengan orang-orang yang berada dalam peristiwa tersebut, dapat meningkatkan kesejahteraan psikologis anda. Hal ini menjadi pengingat bahwa banyak hal positif/ yang membahagiakan sudah pernah anda alami; terutama ketika anda dalam keadaan terpuruk.
  • Membayangkan tentang masa depan yang lebih baik.

Bayangkan hal-hal baik yang bisa terjadi di kemudian hari; bayangkan apa yang akan anda lakukan untuk menghabiskan waktu dan dengan siapa anda lakukan hal tersebut. Anda bisa lakukan suatu langkah kecil dengan membuat satu tujuan yang lebih spesifik. Saat anda berkegiatan dengan memegang tujuan tersebut meskipun dengan langkah yang kecil, bisa mengarah kepada tujuan hidup yang lebih bermakna.

  • Melakukan kebaikan.

Melakukan kebaikan untuk orang lain mengingatkan diri anda bahwa anda mempunyai kekuatan untuk membuat suatu hal yang berbeda. Dapat memberi kepada orang lain juga membantu anda berpikir positif serta menjadi lebih bahagia. Membantu tetangga, menjadi relawan, menggalang dana untuk yang membutuhkan adalah beberapa hal yang bisa meningkatkan kesejahteraan psikologis anda. Mencari cara untuk dapat berbuat baik memberikan beberapa manfaat yang dapat dirasakan. Dalam suatu studi, peneliti menemukan bahwa individu yang melakukan suatu kebaikan, melepaskan hormon endorfin dan oksitosin; yaitu hormon yang membuat merasa bahagia, dan juga menciptakan koneksi syaraf yang baru (Mathers N. Compassion and the science of kindness: Harvard Davis Lecture 2015. Br J Gen Prac.2016). Dengan demikian, berbuat kebaikan dapat menjadi penguat diri untuk dapat membentuk suatu kebiasaan baru yang pada akhirnya dapat dilakukan dengan semakin mudah. Terdapat bukti lain juga terkait hubungan berbuat baik dengan healing/ penyembuhan (Mathers N. Compassion and the science of kindness: Harvard Davis Lecture 2015. Br J Gen Prac.2016). Dengan mencari cara untuk dapat berbuat baik, maka tubuh dan pikiran pun akan merasakan dampak yang baik pula.

  • Mempraktekkan mindfulness

Mindfulness memiliki arti ‘sepenuhnya menyadari akan yang terjadi saat ini, baik dalam diri kita maupun di lingkungan kita; dan mengalaminya dari waktu ke waktu; apakah itu hal baik maupun hal buruk yang terjadi pada diri kita, dengan tanpa disertai penilaian atau prasangka apapun’. Berada ‘saat ini’, telah dikaitkan dengan sejumlah keuntungan, mulai dari meningkatkan kebahagiaan  sampai meningkatkan ketahanan stres yang lebih baik (Huppert FA: Psychological well-being; evidence regardingits causes and consequences. Applied Psychology: Health and Well-Being. 2009). Melalui mindfulness dibutuhkan perhatian anda terhadap pikiran, perilaku dan tubuh anda sendiri (National Institute of Health. Mindfulness matters : can living in the moment improve your health). Hal ini merupakan suatu keterampilan yang membutuhkan latihan dan dedikasi. Studi menunjukkan bahwa mindfullness membantu seseorang dalam mengatur stres, mengurangi kecemasan dan depresi. Di samping itu juga memudahkan untuk rileks, dan memiliki antusiasme lebih akan kehidupannya (National Institute of Health. Mindfulness matters : can living in the moment improve your health).

Anda bisa mempraktekkan mindfulness sepanjang hari; meski sedang menelepon, mengantri, dsb.; yang harus anda lakukan adalah menjadi aware/ sadar – terhadap nafas anda, kaki anda menyentuh lantai, ketika tangan anda mengetik, seberapa banyak anda makan, sadar akan adanya orang-orang di sekeliling anda, dsb.

  • Mengekspresikan rasa syukur

Mengekspresikan rasa berterima kasih dan syukur akan membuat anda lebih fokus terhadap hal-hal baik yang terjadi dalam kehidupan anda; baik mengatakan secara langsung kepada seseorang ataupun melalui media sosial. Belajar untuk bersyukur setiap hari adalah cara sederhana namun efektif untuk meningkatkan kesejahteraan psikologis anda. Anda bisa bersyukur terhadap hal-hal seperti indahnya matahari terbit, sampai hal mendapatkan modal untuk berwirausaha ataupun mendapat kunjungan dari teman atau keluarga.

  • Mengenali kekuatan diri

Merasa mampu serta yakin adalah penting. Salah satu caranya adalah mengingatkan diri anda sendiri mengenai keahlian ataupun kekuatan karakter yang anda miliki. Cobalah merefleksikan pencapaian-pencapaian anda di masa lalu dan kualitas seperti apa yang membantu anda sukses di saat itu. Jika diperlukan suatu peningkatan terhadap kemampuan yang anda miliki, jangan takut untuk berusaha meningkatkan diri. Mencoba mengembangkan diri sendiri adalah cara yang baik untuk memberikan dampak terhadap kesejahteraan psikologis anda.

  • Berlatih memaafkan

Melepaskan rasa sakit ataupun rasa marah di masa lalu adalah kunci untuk kesejahteraan psikologis yang baik. Memaafkan seseorang bukan berarti anda membiarkan orang tersebut menyakiti anda lagi. Namun, memaafkan adalah melepaskan diri anda sendiri dari rasa marah yang terus terjadi dan membuat anda terus terikat dengan orang tersebut. Memaafkan orang lain membebaskan anda untuk lebih banyak menaruh hal positif daripada merenungi rasa sakit ataupun kesalahan di masa lalu.

Beberapa gambaran di atas mengenai upaya untuk berpikir positif ataupun meningkatkan hal-hal positif dalam kehidupan anda bisa mulai dipraktekkan; meskipun memang akan membutuhkan waktu dan proses serta latihan. Memulai untuk berpikir positif adalah salah satu upaya yang dapat membantu anda meningkatkan kesejahteraan psikologis anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *