Uncategorized

Dr. M Tauhid Soleman

 

Dr. M Tauhid Soleman (FOTO: Dok journalpendidikan.com)

Journalpendidikan.com, TERNATE – Calon Wali Kota Ternate Periode 2020-2025, M Tauhid Soleman adalah seorang birokrasi murni. Lelaki jebolan STPDN Bandung ini karirnya sangat cemerlang dalam menuju puncak tertinggi pada jabatan sebuah pemerintahan yakni Sekda Kota Ternate.

Ingin tahu bagaimana keseharian Tauhid di mata teman-temannya? Berikut ulasan Gajali Abd Muthalib, salah satu teman akrab dan sangat mengenali pribadi mantan Sekda Kota Ternate ini.

Dr. Tauhid dan Ir. Gajali Abd Muthalib (FOTO: Dok journalpendidikan.com)

Selaku Wakil Ketua KADIN Provinsi Maluku Utara, Ir Gajali Abd Muthalib adalah sosok wirausaha muda di Kota Ternate. Kepada journalpendidikan.com, ia menceritakan ketika masa kecil tinggal sekelurahan dengan Tauhid.

“Kami anak-anak Kampung Makasar (sekarang Kelurahan Makassar Timur) kebanyakan disibukan dengan bermain dan kenakalan, tetapi Tauhid kecil lebih condong untuk belajar dan punya prestasi cemerlang di sekolah dan rajin ke masjid,” ungkap Ir. Gajali, Jumat (18/9/2020).

Usia bertaut 3 tahun, Ir. Gajali lebih tua dari Tauhid tetapi usia tidak menjadi masalah pertemanan bagi keduanya. Karena sekampung, ia begitu mengenal dekat Tauhid dan keluarganya. “Sampai suatu hari kami terpisah. Tepatnya tahun 1983 ketika saya harus pergi sekolah ke Kota Bandung,” ucap Ir. Gajali mengenang.

Ketika jauh di rantau, Ir. Gajali mengaku sering mendengar cerita bahwa sejak SMP dan SMA Tauhid selalu menjadi Siswa terbaik. Termasuk saat lulus dan di terima di dua Perguruan Tinggi cukup terkenal sekaligus di Sulawesi dan Pulau Jawa.

Sekitar 9 tahun mereka terpisah sejak usia beranjak remaja kala itu, keduanya kemudian bertemu lagi sekitar tahun 1991/1992 ketika Tauhid mulai Kuliah di STPDN Bandung.

Ia mengungkapkan, ketika liburan Tauhid sering main ke tempat kostnya. Menurut Gajali, Tauhid ini agak beda dengan teman-teman yang lain. Di samping ia cerdas, visioner, disiplin, juga tegas dan punya wibawa.

“Saya sampaikan ke Tauhid, suatu saat nanti kamu akan memangku jabatan tertinggi di Pemerintahan alias Sekda. Dan Alhamdulillah itu terbukti kemudian menjadi Sekda Kota Ternate,” ucap Ir. Gajali mengulang pernyataannya kala itu kepada Tauhid.

Wakil Ketua APINDO Provinsi Maluku Utara, ini menuturkan, karir Dr. M Tauhid Soleman di Pemerintahan Kota Ternate dimulai dari bawah, mulai dari Lurah Gamalama, Sekretaris Camat Ternate Selatan, Camat Ternate Selatan, Kepala Pemberdayaan Masyarakat, Kepala Keuangan Kota Ternate, dan Sekretaris Daerah Kota Ternate.

Semua jenjang karirnya benar-benar ditempuh dari bawah dengan berbagai tantangan pekerjaan yang dihadapi. Namun karena pengabdiannya tulus sebagai Abdi Negara sehingga sukses menggapai puncak karir di birokrasi.

Suatu saat, kenang mantan Ketua ASPEKINDO Maluku Utara ini, tepatnya 26 Desember 1992 mereka berdua dan beberapa Mahasiswa Maluku Utara (Malut) bertemu di rumah Toni Djou di Kopo Bandung.

Agendanya menggodok Pendirian Organisasi Kemahasiswaan yang bersifat kedaerahan yang diberi nama HIPMMU (Himpunan Pelajar Mahasiswa Maluku Utara Bandung). Di tempat itu, mereka bersepakat membentuk panitia kecil dan menetapkan tanggal deklarasi.

“Dalam perjalan pulang, Dr. Tauhid bilang ke Saya di daerah Kopo Perumahan Nata Endah situ ada Orang Ternate, yang juga suaminya orang Bandung. Maka Kami bertiga bersama satu teman bernama Amir pun memutuskan mampir silaturahim di rumah itu,” katanya

Tidak lama kemudian pemilik rumah orang Ternate itu adiknya keluar mengantar minum. Namun Saya belum kenal lalu mengulurkan tangan untuk kenalan.

“Rupanya Jodoh memang sudah diatur dan berproses cukup panjang dan Tauhid sebagai pembuka perantara. Sehingga wanita yang bawa minuman Teh itu menjadi Istri saya hingga saat ini,” katanya dia mengisahkan.

Kemudian, lanjut Ir. Gajali, pada 10 Januari 1993, bertempat di Cikaso rencana pembentukan HPMMU Bandung akhirnya terwujud. Mereka berhasil mendeklarasikan organisasi penghimpun mahasiswa dari Jazirah Al-Mulk itu di tanah Jawa.

Pada kesempatan itu juga, dilangsungkan pemilihan ketua dan pengurus lainnya. Ir. Gajali Abd Muthalib untuk pertama kalinya diamanatkan menjadi ketua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *